Jumat, 15 November 2013

Lomba Bulan Bahasa SMA Santo Yakobus

Di bulan Oktober SMA Santo Yakobusi menyelenggarakan kegiatan lomba Bulan Bahasa. Siswa-siswi mempersiapkan suatu bentuk kreasi dan apresiasi di bidang bahasa antara lain dalam bidang Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Ketiga bahasa  tersebut merupakan bidang studi yang dipelajari siswa siswi dalam kurikulum sekolah.

Kelas X membuat dongeng  dalam Bahasa  Indonesia yang ditujukan untuk anak usia TK sampai dengan SMA. Pilihan ceritanya dapat dalam bentuk cerita rakyat, dongeng anak, legenda nusantara atau fabel.
Dari peserta kelas X yang mengikuti lomba, kelas X-6 meraih juara I, kelas X-1 meraih juara II, dan kelas X-3 meraih juara III.

Kelas XI membuat prakarya berupa maket yang berhubungan dengan perayaan  tradisi China yang berkaitan dengan pelajaran bahasa Mandarin. Jenis perayaan dapat berupa perayaan hari Raya Imlek, Cap Goh Meh, Cheng  Meng, Bak Chang, Moon Cake atau Dong Zhi.
Dari peserta kelas XI yang mengikuti lomba, kelas XI-A3 meraih juara I, kelas XI-S3 meraih juara II, kelas XI-A2 meraih juara III.

Kelas XII membuat majalah dinding dengan berbagai rubrik, misalnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhubungan dengan lingkungan, poem, short story, actual news dan sebagainya. Majalah dinding tersebut ditempelkan  di papan pengumuman di lorong gedung lantai IV.
Dari peserta  kelas XII, kelas XII-A1 meraih juara I, kelas XII-S1 meraih juara II, kelas XII-S3 meraih juara III.

Hasil lomba dan pemberian hadiah kepada para pemenang dilakukan setelah akhir misa bulanan yang diadakan tgl 28 Oktober 2013 yaitu pada hari Sumpah Pemuda. Diharapkan para kawula muda SMA Santo Yakobus dapat semakin kreatif, inovatif dan dapat menguasai banyak bahasa, namun yang terpenting adalah dapat berbahasa Indonesia yang baik.