Minggu, 18 Agustus 2013

Review Bulan Juli 2013

Penyampaian visi dan misi sekolah pada acara MOSSY,
disampaikan Kepala SMA Santo Yakobus, Ibu Jessica Rillanty
Tahun ajaran 2013/2014 di SMA Santo Yakobus dimulai 15 Juli 2013. Para siswa baru (siswa kelas X) memulainya dengan Masa Orientasi Siswa Santo Yakobus, yang lebih populer disebut MOSSY.

Selain MOSSY, siswa-siswi baru juga diberikan matrikulasi untuk beberapa bidang studi. Tujuan matrikulasi ini adalah memberikan pengetahuan dasar yang sama untuk bidang studi karena siswa-siswi kelas X datang dari SMP yang berbeda-beda. Dengan materi matrikulasi ini diharapkan siswa-siswi dapat memulai pelajaran di SMA Santo Yakobus dengan materi dasar yang sama.

Misa awal tahun ajaran 2013/2014 diadakan 17 Juli 2013 diikuti oleh seluruh guru, dan siswa-siswi SMA Santo Yakobus  kelas X, XI dan XII. Misa dipimpin Romo Antonius Suyadi Pr. Setelah selesai Misa, diadakan acara perkenalan guru-guru.

Pada kesempatan itu, Kepala SMA Santo Yakobus, Ibu Bernadette Jessica Rillanty berharap adanya perubahan yang cukup berarti di tahun ajaran 2013/2014 ini. Perubahan-perubahan itu diantaranya dalam hal kemandirian dan nilai-nilai karakter antara lain religiositas, kejujuran, disiplin, cinta damai, belas kasih, kesabaran, kerendahan hati dan kepedulian. Ini sesuai dengan tema kegiatan di tahun ajaran 2013/2014 yaitu “Lingkungan Sosialku”. 

Tema ini hendaknya diwujudkan dengan kegiatan-kegiatan nyata yang dapat menumbuhkan sikap peduli terhadap orang-orang di sekitar kita. Juga peduli terhadap kesulitan-kesulitan orang lain. Dapat membantu antar teman, peduli terhadap kedisiplinan yang akhirnya dapat menciptakan suasana tertib dan nyaman. Dapat secara mandiri mengelola setiap kegiatan dengan mengoptimalkan kreativitas siswa-siswi. Semua itu diharapkan akhirnya dapat menumbuhkan sikap kepedulian terhadap lingkungan sosial mereka.

Pertemuan orangtua siswa kelas X dan XI diadakan pada 27 Juli 2013. Tujuannya adalah memperkenalkan staff di SMA Santo Yakobus. Juga informasi visi, misi, program kerja satu tahun SMA Santo Yakobus, dan tentunya, perihal kurikulum.