Senin, 30 September 2013

Review Bulan September 2013

Latihan dasar kepemimpinan siswa di Gunung Bundar, Jawa Barat
Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) dilaksanakan di awal September yaitu tanggal 5-7 September 2013. Kegiatan tersebut berlangsung di sekolah setelah para peserta mengikuti kegiatan belajar mengajar. Peserta LDKS adalah para pengurus OSIS baru, Majelis Perwakilan Kelas (ketua kelas dari seluruh kelas) dan siswa koordinator ekskur. Jumlahnya lebih kurang 60 siswa. Kegiatan di sekolah diisi oleh materi-materi yang bermanfaat untuk siswa-siswi yang bertugas untuk memimpin teman-temannya yang lain di sekolah. Antara lain materi tentang sifat-sifat seorang pemimpin, cara-cara membuat surat dalam organisasi, baris berbaris, P3K, panjat tebing dan memasak dengan menggunakan arang. Beberapa materi diberikan sebagai bekal untuk kegiatan outdoor yang dilaksanakan tanggal 13-14 September 2013 di Gunung Bundar, Jawa Barat. Kegiatan outdoor melatih untuk berpikir dan bertindak cepat bila mendapat suatu masalah dan juga melatih ketahanan fisik mereka. Seluruh materi diberikan oleh bapak ibu guru yang berkompeten.

Tanggal 14 September berlangsung final lomba komputer yang dilaksanakan oleh OPTIMA, ada tiga orang siswa SMA Santo Yakobus yang masuk dalam final lomba komputer tersebut dan ketiganya memperoleh juara antara lain juara II, Juara V dan juara VII.

Tanggal 15 September berlangsung lomba lektor dalam rangka menyambut bulan kitab suci di paroki Santo Yakobus. Lomba diikuti oleh 11 peserta kelas X yang merupakan wakil dari tiap kelas X di SMA Santo Yakobus. Peserta dibimbing oleh dua orang guru agama SMA Santo Yakobus dan memperoleh juara II dan juara harapan III.

Tanggal 16-17 September ada tiga orang siswa yang mengikuti lomba debat di SMAN 45 Jakarta Utara. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Suku Dinas Jakarta Utara. Namun siswa siswi hanya dapat lolos ke babak semifinal dan belum beruntung untuk terus ke babak final. Demikian juga dengan lomba futsal yang diadakan di SMA Mawar Sharon dan lomba akuntasi yang diadakan oleh Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.


Tanggal 19-30 September telah dilaksanakan Ulangan Tengah Semester Gasal. Setiap hari dilangsungkan maksimal dua mata pelajaran yang setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan belajar mengajar sebanyak tiga jam pelajaran.