Kamis, 05 September 2013

Perayaan HUT ke-24 Yayasan Santo Yakobus

Pastor Antonius Gunardi MSF
memimpin Perayaan Ekaristi
Pagi itu cuaca sangat cerah. Meskipun hari Sabtu, yang biasanya libur, seluruh guru/karyawan Yayasan Santo Yakobus tampak berdatangan menuju aula lantai 5. Ada yang berbeda dengan penampilan hari itu. Bapak/Ibu pendidik, tenaga pendidikan, dan tenaga kesehatan mengenakan kemeja/blus batik warna kuning yang berlogo Santo Yakobus, mempercerah wajah dan kulit mereka. Selain guru/karyawan, tamu-tamu undangan yang hadir memenuhi aula pun berpakaian batik. Sangat meriah.

Yah, hari itu, Sabtu, 24 Agustus 2013, Yayasan Santo Yakobus merayakan HUT ke-24. Kegiatan diawali dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Romo Antonius Gunardi, MSF. Dalam khotbahnya, Romo Anton berpesan agar seluruh pihak yang terlibat dalam Yayasan Santo Yakobus peduli pada sesama, bersinergi, dan saling menopang untuk mewujudkan cita-cita bersama.

Usai misa acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, pemotongan tumpeng, dan pemberian penghargaan kepada guru/karyawan yang telah mengabdi selama 5, 10, 15, dan 20 tahun. Tak ketinggalan, guru/karyawan SMA pun banyak yang mendapat penghargaan ini.
            
Isian acara dari SMA Santo Yakobus
Acara makin meriah dengan adanya penampilan dari tiap unit. Kali ini unit SMA memboyong seluruh guru/karyawan untuk bersenam dan menari di atas panggung. Diawali pemutaran video perjalanan salah satu guru dari rumah menuju sekolah yang penuh dengan tantangan dan rintangan. Namun, semangat mengabdi mengalahkannya. Tampilan dilanjutkan dengan hadirnya siswa-siswi SMA yang sedang berolahraga di atas panggung yang dimotori Pak Febri, Pak Joko, dan Miss Dyah. Serta-merta, penonton terpingkal-pingkal menyaksikan tingkah polah siswa-siswi SMA yang diperankan oleh para guru/karyawan SMA. Badan boleh melar tapi semangat remaja masih sangat kental. Spontan, natural, dan kompak itu kesan yang tertangkap.
            
Setelah penampilan semua unit selesai, acara dilanjutkan dengan peluncuran logo pesta perak. Beberapa bulan sebelumnya, panitia pesta perak telah mengadakan lomba pembuatan logo. Dan kali ini, lagi-lagi kita patut berbangga karena lomba pembuatan logo ini dimenangkan oleh Alvin Sebastian siswa kelas XII IPA 2.
            
Acara masih berlanjut. Para tamu diarahkan ke halaman belakang gedung sekolah. Di sana kelompok marching band SD Santo Yakobus siap menyambut dengan membawakan beberapa lagu. Cuaca panas tidak mengurangi semangat mereka. Sampailah pada puncak acara yakni penaikan balon raksasa berlogo pesta perak dan penanaman 25 pohon sebagai simbol awal kegiatan menyongsong pesta perak Yayasan Santo Yakobus. Pohon-pohon itu merupakan sumbangan dari lingkungan-lingkungan di Paroki Santo Yakobus. Rangkaian acara HUT diakhiri dengan makan bersama di halaman TK.

Logo karya Alvin Sebastian (Kelas XII IPA-2)
Selamat Menyongsong Pesta Perak Santo Yakobus 2014!

Oleh: Setyarini Dyah Utari SPd